Return to site

Kandungan dan Khasiat Tanaman ADAS Untuk Pengobatan

Artikel Kesehatan

Kandungan dan Khasiat Tanaman ADAS Untuk Pengobatan

Kandungan dan Khasiat Tanaman ADAS Untuk Pengobatan

Kandungan dan manfaat tanaman adas sebagai obat herbal sudah dikenal sejak lama. Nenek moyang kita banyak menggunakan adas dalam pembuatan ramuan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah buah, daun dan bijinya.

Tanaman ini memiliki bermacam-macam sebutan daerah, misalnya adas (Jawa, Bali), adas manis (Minangkabau), das pedas (Aceh), adhas (Madura), hades (Sunda), adase (Bugis), rempuse (Makasar), popaas (Manado), denggu-denggu (Gorontalo), wala wungu (Sumbawa), kumpasi (Sangir Talaud) dan lain-lain. Buah adas memiliki rasa manis, pedas, berbau aromatik dan memiliki sifat menghangatkan.

Kandungan dan Khasiat ADAS

Beberapa zat yang terkandung dalam adas, antara lain ; minyak asiri 0,3-6%, anethol 50-60%, fanchom, metilchavicol, dan anis keton. Selain itu, adas juga mengandung senyawa kimia, seperti kamfena, limonena, 1,8 sineol, arginin, p-sitosterol, dianethole, rutin, dan stigmasterol. Manfaat dan khasiat adas antara lain ; menambah daya tahan tubuh, obat influenza, anti-kholinesterase, mengatasi ejakulasi dini, merangsang ereksi, anastesi, merangsang keringat, penguat hepar, perangsang syaraf pusat, mencegah kemandulan, memperkuat daya hidup sperma, pemicu pengeluaran hormon androgen, melemahkan potensi sperma, merangsang pengeluaran hormon estrogen dan menambah vitalitas.

Berikut penjelasan dari Kandungan dan Khasiat Tanaman ADAS Untuk Pengobatan, semoga artikel kami di atas bisa membantu anda dalam mencari artikel tentang tanaman berkhasiat.

Baca Juga Artikel QnC Jelly Gamat

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly